oleh

Marak Hoaks Penculikan Anak, Ini Kata Kadis PPPA Makassar

MAKASSAR – Berita hoaks tentang penculikan anak akhir-akhir ini marak terjadi di beberapa daerah Indonesia. Termasuk di Kota Makassar.

Baru-baru ini, beredar berita tentang penculikan anak berusia 8 tahun di Jalan Batua, Raya Makassar. Padahal berdasarkan keterangan kepolisian, kejadian merupakan percobaan pencabulan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar Tenri A Palallo pun angkat bicara terkait masalah tersebut. Menurut Tenri, kasus tersebut murni percobaan pencabulan.

“Itu percobaan pencabulan tapi dibuatlah seolah-olah penculikan untuk menjual organ tubuh. Harusnya dicari itu yang sebar karena menggangu para ibu,” kata Tenri di Gedung DPRD Kota Makassar, Senin (5/11/2018).

Terkait pengawasan terhadap anak, disebutkan Tenri, merupakan tanggungjawab semua orang. Agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Kewajiban semua orang menjaga anak-anak melalui program jagai anakta, jadi itu gunanya,” tutup Tenri.

Sementara berdasarkan penelusuran pojoksulsel.com, berita kasus penculikan anak yang terbukti hoaks di antaranya terjadi di Pontianak Kalimantan Barat, pada 19 Oktober 2018.

Berita itu terbukti hoaks karena foto pelaku yang diedarkan di media sosial diambil dari kasus pencurian telepon seluler di Kabupaten Bogor yang terjadi pada 16 Oktober 2018.

Lalu menyusul viral penemuan mayat anak Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan kondisi organ dalam tubuh yang telah diambil pada 24 Oktoher 2018. Padahal foto yang digunakan merupakan foto penemuan mayat yang diduga korban pemerkosaan dan pembunuhan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada 24 Oktober 2018.

Kemudian kasus penculikan anak juga ditemukan di Kabupaten Kerinci, Jambi, 17 Oktober 2018. Berita penculikan anak tersebut diambil dari kasus orang yang mengalami gangguan jiwa di Jambi pada tgl 27 Oktober 2018.

Pelaku pun diduga menggunakan foto yang diambil dari berita penculikan anak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 23 Maret 2017 silam.

(muh aliyafid)

Portal Berita Online Independent

Kabar Berita