oleh

Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) Gelar Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula

Omale.com–Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) melaksanakan Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula hibah DRPM Ristekdikti tahun 2018 yang di selenggarakan di Kampus Universitas Teknologi Sulawesi, Jl. Tallasalapang No. 51, Makassar, Sabtu, 15/12/2018.

Seminar hasil penelitian PDP di ikuti dosen penerima hibah 2018 dari empat kampus diantaranya, UTS sebagai tuan rumah, STIK Famika Makassar, STITEK Bina Taruna Gorontalo, STIKES Bina Generasi Polewali Mandar.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Teknologi Sulawesi ( UTS ) Makassar, Sattar S. Pd, ST, M.Si, PhD mengatakan, pihaknya terus mendorong pemenuhan kualitas sumber daya manusia dosen agar terus melakukan penelitian dan berkesinambungan yang tentu mengacu pada roadmap penelitian.

Guna memenuhi hal tersebut, kata Sattar, “saat ini dosen-dosen UTS berhasil menggungah proposal penelitian utk pelaksanaan tahun 2019 meningkat tajam dari tahun sebelumnya. soal monitoring dan evaluasi. Hal ini dilakukan guna mendorong usulan penelitian bisa lebih banyak didanai dari Direktorat Riset Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Mutu (DRPM) Kemenristekdikti.

“Kami terus mendorong dan memotivasi serta memberi informasi soal proposal penelitian kepada dosen. Langkah ini bertujuan agar dosen bisa melakukan penelitian,” paparnya.

Sementara itu, Reviewer Penelitian dari Kementrian Riset dan Teknologi RI, DR .Ir Andi Aladin, MT, mengatakan, seorang dosen harus melakukan penelitian di bidang yang terkait, serta, mengabdi kepada masyarakat dengan menerapkan penelitian yang telah dilakukan.

Lalu, pertanyaan, kenapa dosen harus meneliti, kata Andi Aladin, hal tersebut tertuang dalam tri dharma perguruan yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Namun, tidak semua dosen bisa terpenuhi.

Dari sisi formalnya, jelas Andi Aladin, penelitian banyak memberi manfaat bagi dosen, termasuk sebagai sarana kredit point untuk individu maupun akreditasi. Bahkan bisa menjadi pendapatan tambahan bagi dosen.

“Bahkan, hasil penelitian sebagai dasar bagi para dosen untuk naik pangkat. Termasuk mendorong kualitas secara kelembagaan dari segi akreditasi lembaga,” ujarnya.
“Melalui penelitian tersebut, dosen juga menumbuhkan potensi diri mereka dengan memperkaya wahana keilmuan,” ujarnya.

“Harus dipahamai, penelitian juga sebagai sarana refresing dan punya kepuasan sendiri. Sebab, ketika dosen mengatakan menurut saya, itu akan memberikam kebanggaan tersendiri bagi dirinya maupun mahasiswa yang diajarnya,” tambahnya.(*)

Kabar Berita